..::DAPATKAN PROMO MOBIL HONDA MELALUI WEBSITE INI::.. ..::PAKET KREDIT DENGAN BUNGA 0%::.. ..::MENERIMA DP MINIM JAMINAN ACC::.. ..::TENOR HINGGA 7 TAHUN::.. ..::BI CHECKING?? TAKUT REJECT?? KAMI ADA SOLUSI::..
Menu
Model
Beranda » Blog » Penyebab dan Cara Mengatasi Rem Blong pada Mobil

Penyebab dan Cara Mengatasi Rem Blong pada Mobil

Dipublish pada 13 April 2022 | Dilihat sebanyak 71 kali | Kategori: Blog

Masalah pada sistem pengereman sering kali muncul apabila pemilik kendaraan tidak merawatnya dengan baik. Salah satu yang banyak dialami dan berakibat fatal ialah rem blong.

Tidak bisa berfungsi sama sekali, rem blong bisa menjadi penyebab utama terjadinya kecelakaan. Apa sebenarnya penyebab rem blong?

Sumber penyebab rem blong ada beberapa faktor, mulai dari minyak rem yang habis sampai kanvas dan piston rem yang rusak. Piston atau kanvas rusak atau aus umumnya karena faktor usia. Untuk mencegahnya lakukan pemeriksaaan berkala setelah kendaraan menempuh jarak 10.000 km.

Faktor lain penyebab rem blong ialah tersumbatnya selang minyak rem. Biasanya, mobil penumpang memakai sistem pengereman dengan tekanan fluida dari minyak rem dalam mekanisme pengereman. Karena itu, kondisi minyak rem dan selang minyak yang berukuran kecil sangat penting untuk selalu dicek.

Tak hanya itu, seal piston master mengalami aus dan kualitas minyak rem yang sudah tak layak digunakan karena kedaluwarsa atau sudah terkontaminasi karena terlalu sering membuka tutup tabung minyak juga bisa menjadi penyebab rem blong.

Cara Mengatasi Rem Blong Saat Berkendara

Pertama, jangan panik. Segera tekan tombol lampu hazard dan klakson supaya kendaraan sekitar tahu kalau kendaraan sedang bermasalah dan dalam keadaan darurat. Setelah tenang, coba untuk injak rem dan rasakan.

Jika rem terasa lembut dan bisa sampai menginjak lantai mobil, kemungkinan penyebabnya adalah kekurangan minyak rem, kerusakan fungsi master silinder atau ada masalah di bagian kaliper rem.

Solusinya, terus pompa rem untuk mengembalikan tekanan rem. Lakukan hal ini walaupun kendaraan sudah dilengkapi teknologi anti-lock breaking system (ABS).

Namun, jika pedal gas terasa keras, besar kemungkinan masalah terdapat pada pedal atau ada benda yang mengganjal pedal rem. Coba cari tahu dengan kaki atau jika ada penumpang lain, minta bantuan mereka untuk memeriksa adakah benda atau barang yang mengganjal pedal rem.

Bagikan

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Artikel Menarik Lainnya

Tips Merawat Mobil Yang Rutin Dipakai Sehari-Hari

Dipublish pada 13 April 2022 | Dilihat sebanyak 76 kali | Kategori: Blog

Untuk perawatan kendaraan, Daihatsu memberikan tips agar mobil yang digunakan sehari-hari tetap nyaman dan aman dikendarai. Berikut tipsnya: Periksa rutin ketinggian air radiator coolant di tangki cadangan. Kekurangan air radiator dapat menyebabkan mesin overheat. Bila kurang, tambahkan dengan air radiator... selengkapnya

Tips Mengendarai Mobil agar Konsumsi BBM Irit dan Efisien

Dipublish pada 13 April 2022 | Dilihat sebanyak 77 kali | Kategori: Blog

Konsumsi bahan bakar mobil tentu dipengaruhi dengan banyak hal dan faktor, salah satunya adalah teknik mengemudi orang yang mengendalikannya. Ada yang punya teknik bagus dan membuat konsumsi bahan bakar menjadi efisien, namun banyak juga yang serampangan yang bikin mobil jadi... selengkapnya

Tips Berkendara Saat Hujan Yang Perlu Diketahui Pengemudi

Dipublish pada 13 April 2022 | Dilihat sebanyak 85 kali | Kategori: Blog

Musim hujan segera tiba, hal ini dapat terlihat dari datangnya hujan yang tanpa disadari tiba-tiba datang menerjang. Menurut BMKG (Badan Meteorologi dan Geofisika) Indonesia akan mengalami puncak musim penghujan mulai dari bulan Januari hingga Februari 2018 serta berpotensi menyebabkan banjir... selengkapnya

Chat Whatsapp
Telp Sekarang